Pilihan Mesin Pemotongan Laser Serat

- Oct 24, 2019-

Analisis yang cermat dan komprehensif ini meneliti tidak hanya peralatan pemotongan laser itu sendiri, tetapi juga dampak dari peralatan baru tersebut terhadap proses fabrikasi lembaran logam lainnya.


Evolusi Teknologi Pemotongan Laser Serat


Pemotongan laser serat telah menjadi salah satu teknologi yang paling “mengganggu” yang diperkenalkan ke pasar pengerjaan logam sejak laser CO2 pertama kali diperkenalkan untuk memotong lembaran logam pada tahun 1980-an. Teknologi pemotongan laser serat dianggap sebagai perubahan yang mengganggu dan "revolusioner" karena telah memengaruhi seluruh status quo dalam pembuatan lembaran logam. Dan peluang itu mudah direalisasikan.

Selama periode waktu yang relatif singkat kita telah melihat kemajuan eksponensial dalam teknologi pemotongan laser Fiber yang digunakan untuk memotong lembaran dan pelat logam datar. Hanya dalam lima tahun, Serat laser mencapai ambang pemotongan 20kW yang mengambil laser CO2 kira-kira tidak bisa mencapai. Dalam semua keadilan, Serat laser - beberapa melebihi 20 kW - telah digunakan oleh industri lain selama bertahun-tahun dalam aplikasi selain pemotongan lembaran logam.

Keuntungan Teknologi Pemotongan Laser Serat

Keuntungan utama dari pemotongan lembaran logam datar dengan teknologi Fiber laser berasal dari konfigurasi desain solid state yang monolitik, Fiber-to-Fiber, yang bebas perawatan dan memberikan biaya operasi yang lebih rendah daripada yang dapat dicapai dengan laser CO2 yang sebanding.

Karakteristik sinar laser serat juga memberikan kecepatan pemotongan yang jauh lebih cepat daripada laser CO2 seperti yang akan kita jelajahi di bawah ini.

 

Sinar terfokus bahkan dari serat laser 2 kW menunjukkan kepadatan daya 5X lebih besar pada titik fokus jika dibandingkan dengan laser CO2 4 kW. Ini juga memiliki karakteristik penyerapan 2,5X lebih besar karena panjang gelombang yang lebih pendek dari laser Fiber.

Penyerapan yang lebih tinggi dari panjang gelombang Fiber dan kepadatan daya yang lebih tinggi yang diciptakan oleh sinar terfokus bergabung untuk mencapai peningkatan kecepatan pemotongan bahan yang kurang dari 1/4 inci hingga lima kali lipat.

 

Sistem pemotongan laser serat tentu dapat memotong hingga satu inci tebalnya dengan kekuatan laser Serat yang lebih tinggi dan bahkan memotong lebih cepat ketika menggunakan nitrogen sebagai gas pembantu, tetapi "sweet spot" di mana manfaat paling signifikan diwujudkan adalah pada 5/16 inci dan di bawah kisaran untuk baja ketika membuat perbandingan dengan sistem CO2. Yang pasti, jika Anda memproses bahan stainless, aluminium, kuningan atau tembaga, teknologi serat laser adalah yang tercepat dan paling ekonomis terlepas dari ketebalan.

 

Manfaat kecepatan paling dalam ketika nitrogen digunakan sebagai gas pembantu karena bahan cair dikeluarkan dari garitan oleh nitrogen secepat meleleh. Semakin tinggi kepadatan daya sinar laser, semakin cepat material dibawa ke kondisi cair, semakin cepat laju umpan.

Efektif memanfaatkan manfaat kecepatan dari serat Laser daya tinggi membutuhkan perencanaan dan pengelolaan semua proses yang cermat. Dengan throughput tiga hingga empat kali lebih besar dan biaya operasi yang setengah dari laser CO2, keuntungan finansial dapat berubah permainan. Hasilnya adalah biaya yang lebih rendah per bagian, potensi margin keuntungan yang lebih tinggi dan pengembalian waktu investasi yang lebih pendek. Jangan lupa manfaat tambahan dari peningkatan kapasitas alat berat sekarang karena Anda memproses volume bagian yang normal lebih cepat, memberikan kesempatan untuk melakukan pekerjaan tambahan untuk lebih meningkatkan pendapatan dan keuntungan penjualan Anda.

Laser serat dapat memotong tembaga, kuningan dan aluminium jauh lebih baik dan lebih aman daripada CO2 karena sinar lebih mudah diserap dan tidak dipantulkan. Biaya operasi laser serat biasanya setengah dari apa yang dapat ditawarkan sistem CO2 karena konsumsi listrik yang lebih rendah dan efisiensi listrik yang tinggi dari serat laser.

 

Ada banyak aspek pengoperasian pemotong laser CO2 yang tidak ada dengan mengoperasikan pemotong laser Serat:

Pemotong laser Fiber berdaya tinggi mampu memotong hingga 5 kali lebih cepat daripada laser CO2 konvensional dan menggunakan setengah dari biaya pengoperasian.

Pemotong laser serat tidak memerlukan waktu pemanasan - biasanya sekitar 10 menit per start-up untuk laser CO2.

Pemotong laser Fiber tidak memiliki perawatan jalur sinar seperti pembersihan cermin atau lensa, pemeriksaan bellow dan penyelarasan balok. Ini dapat mengkonsumsi 4 atau 5 jam lagi per minggu untuk laser CO2.

Laser serat memiliki jalur berkas serat Optik yang tertutup rapat baik pada sumber listrik maupun pada pengiriman Serat ke kepala pemotongan. Balok tidak mengalami kontaminasi jalur balok seperti halnya dengan laser CO2.

Jalur berkas serat optik mempertahankan pemusatan sinar nosel yang konsisten.

Karena integritas balok Fiber tetap konsisten dari hari ke hari, begitu juga dengan parameter pemotongan, yang membutuhkan penyesuaian jauh lebih sedikit daripada laser CO2.

Apa yang terjadi dengan semua waktu yang dihemat ini? Produktivitas yang lebih tinggi dan kapasitas alat berat yang lebih besar! Dengan pemotong laser Fiber yang mampu memotong kecepatan lima kali lebih cepat, menghasilkan suku cadang tiga hingga empat kali lebih banyak per unit waktu dan ditambah dengan biaya operasi 50% lebih sedikit dibandingkan dengan laser CO2, ini merupakan peluang besar berdasarkan telah menciptakan lebih banyak kapasitas mesin .

Jika Anda menjalankan beberapa laser, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk mengganti dua mesin pemotong laser CO2 dengan satu mesin pemotong laser Fiber.

Pertanyaan tentang teknologi mana yang tepat untuk Anda benar-benar bermuara pada operasi Anda. Seberapa baik sistem tersebut cocok dengan aplikasi khusus Anda? Berapa banyak lebih cepat dan lebih efektif biaya bagian Anda akan diproduksi? Dengan mengingat hal ini maka akan diperlukan untuk melakukan analisis yang cermat terhadap data terkait, termasuk rentang aplikasi, biaya operasi, throughput, biaya kepemilikan dan, tentu saja, biaya investasi.

Apa pun kesimpulan akhirnya, jangan lupa tentang dampak investasi ini pada proses hilir Anda: Apa efek menambahkan sistem pemotongan laser baru ini pada aliran operasi sebelum dan setelah bagian-bagian dipotong?

Tentu mengetahui dan mempersiapkan terlebih dahulu bahwa sistem kantor front-end perlu mengikuti produktivitas laser Fiber membantu perakit menyesuaikan proses front-end mereka untuk menjaga pemotongan laser Fiber, daripada menunggu pekerjaan. Mengetahui bahwa material perlu dipresentasikan ke pemotong laser Fiber tepat waktu akan mendorong efisiensi baru dalam penanganan dan inventaris bahan. Mengetahui bahwa peningkatan volume bagian potongan harus dipenuhi dengan kapasitas lentur tambahan akan membantu mempersiapkan area lentur untuk volume yang meningkat. Untuk perakit yang menggunakan sistem pemotongan laser CO2, beralih ke teknologi Fiber laser merupakan jendela peluang besar yang tidak dapat diabaikan.