Cara Menangani Kesalahan Umum Pada Alat Mesin CNC Sistem Motor Servo

- Jun 26, 2019-

Perangkat deteksi adalah bagian penting dari sistem servo alat mesin CNC. Ini digunakan untuk mendeteksi perpindahan dan kecepatan setiap sumbu kontrol. Dalam penggunaan aktual, karena keausan dan polusi, kegagalan alat deteksi sering terjadi, menyebabkan sistem motor servo menggerakkan mesin untuk beroperasi secara normal.

1. Osilasi mekanis (saat akselerasi / deselerasi)

Penyebab umum dari kegagalan tersebut adalah:

1) pulse encoder gagal. Pada saat ini, harus diperiksa apakah tegangan pada terminal jalur umpan balik dari unit pendeteksi kecepatan turun pada tegangan tertentu. Jika ada tetesan yang menunjukkan bahwa pembuat enkode pulsa rusak, ganti pembuat enkode;

2) kopling pulsa encoder silang mungkin rusak, menyebabkan kecepatan poros tidak sinkron dengan kecepatan yang terdeteksi, mengganti kopling;

3) Tachogenerator telah gagal. Perbaiki dan ganti speedometer. Pilih aksesoris alat mesin berkualitas untuk mencari mesin Titanium. Dalam praktik perawatan, kecepatan sikat elektromekanis habis dan gangguan kemacetan lebih. Pada saat ini, sikat mesin pengukur kecepatan harus dihilangkan, dan amplas harus diampelas beberapa kali, dan kotoran komutator harus dibersihkan pada saat yang sama. Motor servo diinstal ulang.

图片1.png

2, gerakan mekanis sangat cepat (kecepatan)

Kesalahan seperti itu harus diperiksa pada saat yang sama dengan unit kontrol posisi dan unit kontrol kecepatan. 1) Periksa apakah kabel enkoder pulsa salah; 2 Jika kopling pembuat enkode pulsa rusak; 3 Periksa apakah motor servo terminal tachogenerator terbalik. Dan garis sinyal eksitasi terhubung dengan tidak benar.

3, poros tidak bisa arah atau gerakan arah tidak di tempat

Kesalahan tersebut harus diperiksa pada saat yang sama dengan penyesuaian sirkuit kontrol orientasi, inspeksi pelat orientasi, dan penyesuaian papan sirkuit cetak kontrol spindle. Juga, periksa apakah bentuk gelombang keluaran dari detektor posisi (enkoder) normal untuk menilai apakah enkoder itu baik atau buruk (Perlu dicatat bahwa bentuk gelombang keluaran normal dari enkoder dicatat ketika perangkat normal, sehingga dapat diperiksa ketika kesalahan terjadi).

horizontal-cnc-drilling-machine45162054512

4. Getaran saat sumbu koordinat dimasukkan

Sebaiknya periksa koil motor, sekrup umpan mekanis, dan koneksi motor, sistem servo, pulse encoder, kopling, mesin pengukur kecepatan, pilih aksesori alat mesin berkualitas untuk mengidentifikasi mesin Titan Hao.

5, alarm kesalahan NC

Alarm yang disebabkan oleh kesalahan program atau kesalahan operasi di alarm NC. Misalnya, FAC sistem FANUC6ME memiliki alarm 090.091, alasannya mungkin: 1 kegagalan sirkuit utama dan laju umpan terlalu rendah; 2 pulsa encoder buruk; 3 voltase catu daya pembuat enkode pulsa terlalu rendah (saat ini sesuaikan catu daya tegangan 15V, buat sirkuit utama. Nilai tegangan pada terminal + 5V papan adalah dalam 4.95-5.10V); 4 tidak ada input sinyal satu putaran ke enkoder pulsa dan pengembalian titik referensi tidak dapat dilakukan secara normal.

horizontal-cnc-drilling-machine45285336986

6, sistem alarm servo

Ketika sistem servo rusak, nomor alarm berikut ini sering muncul, seperti 416, 426, 436, 446, 456 alarm servo dari sistem FANUC6ME; 1364 alarm servo sistem STEMENS880; 114, 104 alarm servo sistem STEEMENS8, periksa: 1 sumbu saat ini Sinyal umpan balik pembuat enkode pulsa terputus, dihubung pendek dan hilang. Sinyal satu putaran fase A dan B diukur oleh feri untuk melihat apakah itu normal. 2 Kesalahan internal encoder menyebabkan sinyal diterima secara tidak benar. Pastikan terkontaminasi dan kotor. , deformasi, dll.

(1) OH alarm untuk pemeliharaan motor servo Siemens. OH adalah alarm yang terlalu panas dari unit kontrol kecepatan. Kemungkinan alasan untuk alarm ini adalah:

1) Pengaturan S1 pada papan sirkuit tercetak salah.

2) Unit servo terlalu panas. Saklar termal pada pendingin dapat menghilangkan alarm dengan mengubah kondisi pemotongan atau beban saat tidak ada kerusakan perangkat keras atau kerusakan pada drive.

3) Unit pembuangan regenerasi terlalu panas. Mungkin Q1 buruk. Ketika drive tidak memiliki kegagalan perangkat keras, frekuensi akselerasi dan deselerasi dapat diubah untuk mengurangi beban dan menghilangkan alarm.

4) Transformator daya terlalu panas. Ketika trafo dan sakelar deteksi suhu normal, beban dapat dikurangi, alarm dapat dihilangkan, atau trafo dapat diganti dengan mengubah kondisi pemotongan.

5) saklar radiator radiator listrik yang terlalu panas disebabkan oleh kabinet yang terlalu panas. Jika sakelar masih beroperasi pada suhu kamar, sakelar pendeteksi suhu perlu diganti.

(2) Alarm OFAL untuk pemeliharaan motor servo Siemens. Pengaturan parameter servo digital salah. Dalam hal ini, pengaturan parameter yang relevan dari servo digital perlu diubah. Untuk sistem FANUC0, parameter yang relevan adalah 8100, 8101, 8121, 8122, 8123 dan 8153 ~ 8157; untuk sistem 10/11/12/15, parameter yang relevan adalah 1804, 1806, 1875, 1876, 1879, 1891 dan 1865 ~ 1869. Tunggu.

(3) Alarm FBAL untuk pemeliharaan motor servo Siemens. FBAL adalah alarm kesalahan koneksi encoder pulsa. Alasan alarm biasanya adalah sebagai berikut:

1 Kabel enkoder tidak terhubung dengan benar atau enkoder pulsa itu sendiri rusak.

2 Kesalahan sinyal detektor posisi eksternal.

3 Unit kontrol kecepatan memiliki sirkuit deteksi yang buruk.

4 Kesenjangan antara motor dan mesin terlalu besar.

(4) alarm tabung digital 7-segmen pada drive servo seri FANUCC, drive servo digital AC seri α / αi biasanya tidak memiliki tampilan indikator status, alarm driver ditampilkan oleh tabung digital 7-segmen pada drive. Menurut tampilan status yang berbeda dari tabung digital 7-segmen, penyebab alarm drive dapat ditunjukkan.