Cara Mencegah Tabrakan Saat Mengoperasikan Mesin Bubut CNC

- Jun 28, 2019-

(1) Selalu periksa apakah batas mesin bubut berhenti pada posisi yang benar dan apakah longgar; (tetapi harus dicatat bahwa batas mesin hanya dapat digunakan pada posisi batas mesin. Karena posisi alat yang berbeda, ukuran kosong benda kerja berbeda. Dalam kasus kondisi lain, dalam kebanyakan kasus, batas mesin tidak efektif dalam mencegah dampak pisau selama proses pemesinan.

(2) Setelah input program selesai, perlu untuk hati-hati memeriksa apakah ada kesalahan dan menghindari tabrakan yang disebabkan oleh input nomor koordinat.

(3) Benar mengatur alat dan mengatur kompensasi alat. Perhatikan alat potong uji arah-Z. Harus dicatat bahwa titik nol arah-Z yang digunakan untuk alat harus disatukan dengan titik nol arah-Z yang digunakan untuk pemrograman untuk menghindari tabrakan yang disebabkan oleh pengaturan yang tidak konsisten dari sistem koordinat benda kerja. Pisau.

(4) Ketika fase mulai berjalan, atur fast override menjadi lebih lambat (misalnya, atur ke 25%).

(5) Setelah pemrograman, Anda harus melakukan debugging segmen tunggal dan mengalihkan layar tampilan ke halaman di mana Anda dapat melihat sistem koordinat benda kerja dan program yang sedang dieksekusi.

(6) Setiap saat selama proses debugging, perhatikan nilai koordinat absolut saat ini dan posisi akhir koordinat blok berikutnya untuk menentukan jarak alat akan bergerak, dan kemudian amati jarak antara posisi alat saat ini dan benda kerja posisi untuk menentukan apakah mungkin bertabrakan, dan Harap perhatikan dua hal berikut:

cnc-nesting-machine-for-wood-panel-processing48399255047

  • Berikan perhatian khusus pada perintah gerakan G00 pertama dalam program (dan perintah gerakan G00 pertama setelah alat berubah). Banyak kecelakaan tabrakan terjadi di blok ini. Silakan letakkan tangan kiri Anda di "menangguhkan" saat menjalankan blok. ("Umpan Ditahan"), tekan "Jeda" jika perlu.

  • Tidak terampil, koordinat G00 pertama dapat diatur sedikit dari kosong, dan kemudian G00 kedua dapat digunakan untuk memulai posisi pemesinan, sehingga masalah dapat ditemukan dalam satu operasi.

  • Blok berikut adalah perintah pergantian alat. Panjang ekstensi alat yang relevan harus dipertimbangkan. Diyakini bahwa blok berikutnya tidak akan berjalan sampai dudukan alat berputar.

(7) Jika produk seri GSK980 menggunakan G50 untuk mengatur koordinat, harus dicatat bahwa dimungkinkan untuk kembali ke titik nol mekanis (tergantung pada pengaturan parameter sistem). Koordinat absolut dikembalikan ke nilai awal, yang mengakibatkan kecelakaan. Chinese Medieval Star 18iT menggunakan kompensasi alat absolut. Tolong jangan gunakan perintah pengaturan sistem koordinat.

(8) Jika tailstock harus digunakan selama pemesinan, posisi batas di mana pegangan pisau listrik dan tailstock tidak bertabrakan dalam arah X dan posisi batas di mana kereta dan tailstock tidak bertabrakan dalam arah Z harus diambil diperhitungkan saat menginstal alat. (Jika Anda tidak menggunakan tailstock untuk jangka waktu yang lama, disarankan untuk sementara menghapus tailstock untuk menghindari tabrakan)

201802011550405551980.png



201802011551067913485.png


(9) Anti-pisau juga harus dipertimbangkan saat pemrograman, harap perhatikan hal berikut:

(1) Perintah gerakan pertama dalam program atau perintah gerakan pertama setelah setiap perintah penggantian alat harus merupakan posisi koordinat absolut dari dua koordinat X dan Z.

(2) Saat menggunakan perintah G00 untuk keluar dari alat sebelum perintah perubahan alat, hubungan relatif antara posisi aktual yang diperluas dari alat yang relevan dan benda kerja yang kosong harus sepenuhnya dipertimbangkan untuk memastikan bahwa pemegang pahat tidak bertabrakan ketika berputar (misalnya, alat membosankan dapat memperpanjang lebih lama).

(3) Saat memotong utas, kecepatan gerakan dudukan pahat tidak dapat melebihi kecepatan yang diizinkan oleh motor servo. Disarankan agar kecepatan putaran spindel * timah tidak boleh melebihi 3000mm / mnt.

(4) Tidak mungkin untuk secara buta menggunakan petunjuk pengaturan sistem koordinat (seperti G50 dari GSK) dalam program.

(5) Dianjurkan untuk menggunakan perangkat lunak simulasi untuk men-debug program di komputer dan kemudian mentransfernya ke mesin (harap nyatakan antarmuka komputer saat memesan) untuk menghindari kesalahan yang mungkin terjadi ketika program dimasukkan.