Konten Khusus Pemeliharaan Mesin CNC

- Jun 27, 2019-

1. Secara ketat mengikuti prosedur operasi Pemrograman sistem CNC, personel operasi dan pemeliharaan harus menjalani pelatihan teknis khusus, terbiasa dengan sistem mekanis, sistem kontrol numerik, peralatan listrik yang kuat, bagian sumber hidrolik dan gas dari mesin CNC yang digunakan, dan lingkungan penggunaan , kondisi pemrosesan, dll .; Penggunaan yang tepat dan wajar sesuai dengan persyaratan alat mesin dan manual instruksi sistem, cobalah untuk menghindari kerusakan yang disebabkan oleh operasi yang tidak benar.

Biasanya, jika mesin CNC digunakan untuk pertama kalinya atau dioperasikan oleh pekerja yang tidak trampil, lebih dari sepertiga kegagalan sistem pada tahun pertama penggunaan disebabkan oleh operasi yang tidak benar.

Pekerjaan pemeliharaan rutin harus dilakukan sesuai dengan prosedur operasi. Beberapa tempat perlu dibersihkan setiap hari, dan beberapa bagian memerlukan pengisian bahan bakar reguler dan penggantian reguler.

panel-furniture-production-line

2. Mencegah overheating perangkat kontrol numerik dan secara teratur membersihkan sistem pendingin dan ventilasi perangkat kontrol numerik. Ini harus sering diperiksa apakah kipas pendingin pada perangkat kontrol numerik berfungsi normal; pembersihan harus diperiksa setiap enam bulan atau empat bulan tergantung pada kondisi lingkungan bengkel.

Ketika suhu sekitar terlalu tinggi dan suhu di dalam perangkat kontrol numerik mencapai 55 ° C atau lebih, unit pendingin udara harus dipasang tepat waktu. Setelah pemasangan unit pendingin udara, keandalan sistem kontrol numerik meningkat secara signifikan.

3.Sering memantau tegangan grid sistem CNC Umumnya, sistem grid memungkinkan kisaran tegangan grid menjadi 85% hingga 110% dari nilai pengenal. Jika berada di luar kisaran ini, sistem CNC tidak akan bekerja secara stabil, tetapi akan menyebabkan kerusakan pada komponen elektronik penting. Karena itu, selalu perhatikan fluktuasi tegangan jaringan. Untuk daerah dengan kualitas jaringan yang buruk, unit catu daya stabil AC yang didedikasikan untuk sistem CNC harus dikonfigurasikan, yang secara signifikan akan mengurangi tingkat kegagalan.

4. Penggantian baterai cadangan sistem. Parameter sistem dan program pemrosesan pengguna disimpan oleh register statis dengan perlindungan daya mati. Setelah sistem dimatikan, isi memori dipertahankan oleh baterai. Karena itu, sangat penting untuk memeriksa status kerja baterai dan mengganti baterai cadangan tepat waktu. Jika lampu peringatan tegangan baterai menyala saat sistem dihidupkan, segera ganti baterai. Perlu juga dicatat bahwa ketika mengganti baterai, agar tidak kehilangan parameter dan prosedur sistem, perlu diganti ketika sistem dihidupkan. Baterai adalah baterai lithium berenergi tinggi dan tidak dapat diisi ulang. Dalam kondisi normal, masa pakai adalah dua tahun (sejak tanggal pembuatan).

5. Secara teratur periksa dan ganti sikat motor DC Saat ini, sebagian besar peralatan mesin CNC lama menggunakan motor DC. Keausan yang berlebihan pada sikat motor dapat mempengaruhi kinerja dan bahkan kerusakan, sehingga sikat harus diperiksa secara teratur. Langkah-langkah inspeksi adalah sebagai berikut.

Inspeksi harus dilakukan dengan sistem kontrol dalam keadaan de-energized dan motor telah 1) benar-benar dingin.

2) Lepaskan tutup karet dan gunakan obeng untuk membuka kuas dan lepaskan kuas.

3) Ukur panjang sikat. Jika dipakai sekitar setengah dari panjang aslinya, Anda harus mengganti sikat baru dari model yang sama.

4) Periksa dengan hati-hati permukaan kontak berbentuk busur dari kuas atau celah yang dalam dan untuk percikan api pada pegas kuas. Jika Anda memiliki fenomena di atas, Anda harus mengganti sikat baru dan memeriksanya lagi setelah satu bulan. Jika fenomena di atas masih terjadi, harus dipertimbangkan apakah kondisi kerja motor terlalu buruk atau apakah motor itu sendiri memiliki masalah.

5) Perkenalkan lubang sikat dengan udara bertekanan yang tidak mengandung bubuk logam dan uap air, dan tiupkan serbuk sikat yang tersangkut di dinding lubang sikat. Jika sulit meledak, gunakan ujung obeng untuk membersihkan dengan lembut sampai dinding lubang bersih. Tapi hati-hati jangan sampai menyentuh permukaan komutator.

6 Pasang kembali kuas dan kencangkan penutup kuas. Jika sikat diganti, jalankan motor untuk sementara waktu agar permukaan sikat cocok dengan permukaan komutator.

01

6. Mencegah debu memasuki perangkat kontrol numerik. Selain pemeliharaan, pintu kabinet listrik harus dibuka sesedikit mungkin. Karena debu dan bubuk logam yang melayang di udara di bengkel jatuh pada papan sirkuit tercetak dan colokan listrik, resistansi isolasi antara komponen berkurang. Kerusakan atau bahkan kerusakan. Beberapa papan dan konektor yang telah terkontaminasi dengan debu eksternal dan kabut oli dapat disemprot dengan pembersih elektronik khusus.

7. Pemeliharaan sistem CNC saat tidak digunakan dalam waktu yang lama Ketika alat mesin CNC menganggur untuk waktu yang lama, sistem CNC harus dipelihara secara teratur. Pertama-tama, sistem CNC harus sering diberi energi. Saat mesin terkunci, biarkan mesin kosong. Pada musim hujan dengan kelembaban udara yang tinggi, harus diberi energi setiap hari, menggunakan komponen listrik sendiri untuk mengusir kelembaban di kabinet CNC. Pastikan kinerja komponen elektronik stabil dan dapat diandalkan. Jika alat mesin CNC tidak digunakan selama lebih dari setengah tahun, sikat motor servo DC harus diambil untuk menghindari korosi pada permukaan komutator karena korosi kimia, penurunan kinerja pergantian, dan bahkan kerusakan pada seluruh motor .